Kamis, 30 Juli 2015

Arti Logo Lambang Propinsi Sulawesi Selatan SulSel

Hai Sahabat Pembelajar, bahwa kali ini ada info tentang Arti Logo Lambang Propinsi Sulawesi Selatan SulSel sebagai berikut:



Terus Arti Logo Lambang Propinsi Sulawesi Selatan SulSel sangat penting kedudukannya di SulBar sebagai berikut:
Padi Kapas,   Lambang kemakmuran


Benteng Somba Opu, Lambang keteguhan dalam mempertahankan prinsip.


Perahu Pinisi,   Lambang jiwa kelautan


Badik terhunus, Lambang kepahlawanan


Gunung, Desa dan Sawah,  Lambang keharmonisan dalam kemakmuran
Nilai Budaya

Arsitektur Tradisional



Rumah-rumah di Bugis, Makassar dan Mandar hampir sama bentuknya. Rumah berdiri diatas tiang-tiang (mempunyai kolong). Tinggi kolong berbeda menurut tingkatannya, apakah dia rakyat, berpangkat, bangsawan, atau Raja.



Kepercayaan

Anggapan selama ini mengenai penghuni pertama jaman prasejarah di Sulawesi Selatan, masih berpegang pada penemuan Fritz dan Paul Sarasin tentang orang Toale. Toale berarti orang-orang yang tinggal di hutan atau lebih tepat dikatakan penghuni hutan. Orang Toale masih sekeluarga dengan suku bangsa Wedda di Srilangka.

Upacara Adat

Rambu Tuka merupakan ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada para dewa (Deata) yang telah memberi perlindungan dan keberhasilan dalam hidup.



Rambu Tuka yang merupakan upacara besar terdiri dari :

     Kapuran pangngan.
    Ma’ Paling.
    Ma’ pakande deata do banua.
    Ma’ pakande deata do ing padang.
    Merok.
    Massalu-salu.

Filsafat Hidup Masyarakat Setempat

Aja Mumaelo Ribetta Makkala’ Ricappa’na Letengnge, maksudnya rakyat Sulawesi Selatan menanti dengan penuh harap pemimpin pemerintahan yang bertindak cekatan dan bereaksi cepat mendahului orang lain dengan penuh keberanian meskipun menghadapi tantangan berat.

Namo Maega Pabblisena, Nabongngo Pollopinna, Teawa Nalureng , maksudnya  biar banyak pendayungnya tetapi tidak becus juru mudinya, saya tidak mau mengikutinya.

Perlu diketahui bahwasannya untuk materi arti logo lambang Propinsi Sulawesi Selatan SulSel dalam dunia pendidikan termasuk bidang studi IPS Ilmu pengetahuan social. Dan dalam pembelajaran ini bukan hanya diberikan hafalan saja, namun ditingkatkan ke materi pemahaman siswa peserta didik. Dari topik pengembangan dari dasar pengetahuan contoh arti logo lambang Propinsi Sulawesi Selatan SulSel menjadi pemahaman adalah dalam bentuk memaknai akan  dan juga mengapresiasi arti tujuannya sehingga pembahasan lebih luas dan berbobot.
Maka dalam kegiatan pembelajaran tambahan berupa les privat di rumah atau bimbel juga diajarkan. Mengingat materi ini juga masuk dalam silabus dan evaluasi sekolah SD, SMP.  Makanya dalam kegiatan tambahan materi pelajaran sekolah berupa baik les privat maupun bimbel di kota-kota besar semisal les privat Jogja, Jakarta, Bandung, Medan, ataupun di Surabaya memasukkan tema materi arti logo lambang  Propinsi Sulawesi Selatan SulSel. Jika menurut jenjang pendidikannya materi pelajaran dapat diberikan pada les privat SD/MI, atau Les privat SMP/MTs serta Les privat SMA/K/MA tergantung dari siswa dan tenaga pengajarnya. Namun kadang juga penting untuk pengenalan gambar logo kepada anak usia PAUD-TK sebagai selingan materi utamanya Les Privat Calistung PAUD TK.
Lebih lanjut dengan adanya tambahan pengetahuan siswa dan pelajar semakin bertambah. Ke depan mereka memiliki pengertian yang lebih dalam dan kaya akan makna dari hal yang ia pelajari. Semoga materi tentang logo dan arti lambing pemprop maksudnya pemerintah propinsi di Indonesia bisa bermanfaat bagi generasi Gadget sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar